PAMUNGKAS & RIANA

Wednesday, April 1, 2009

Tugas Terstruktur e-commerce






Ini adalah analisis mengenai website sebuah distro di bandung, yaitu www.fashionbandung.com
kami menganalisis website tersebut dari segi user interface yang terkait.

Analisa terkait dengan Customer Interface"


Oleh :

Raden Pamungkas Al Amin (0610220193)
Riana Vilianita
(0610220206)



P
ENDAHULUAN

Di tengah era globalisasi saat ini, terjadi pergeseran budaya masyarakat Indonesia yang semakin tanggap akan masalah teknologi. Tidak hanya dalam masalah pendidikan saja, namun teknologi juga mempengaruhi pola berbisnis masyarakat luas. Diantara banyak metode berbisnis, dalam hal ini adalah perdagangan, cara berdagang via internet menjadi suatu hal yang cukup menarik untuk ditelusuri. Hal ini merupakan jawaban atas kebutuhan konsumen yang semakin mengharapkan segala sesuatunya lebih cepat. Selain itu, perdagangan melalui internet adalah salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dengan mudah dan hemat biaya.

Terdapat banyak strategi dan pilihan yang dapat kita lakukan sebagai seorang pengusaha untuk mengembangkan usaha dengan memanfaatkan layanan internet yang ada. Namun satu hal yang pasti adalah sebagai seorang pengusaha harus jeli dalam melihat keinginan dari pelanggan yang pada akhirnya dapat menciptakan loyalitas yang tinggi dari pelanggan dan tercapainya kepuasan pelangga. Dalam rangka mencapai kedua tujuan tersebut, saat mendesain suatu website haruslah menyesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya (user) atau memperhatikan user interface dari website yang kita buat. Terdapat 7 (tujuh) hal yang harus kita perhatikan saat membicarakan user interface, yaitu context, content, community, customization, communication, connection, dan commerce.

Oleh karena itu, sangat perlu untuk membahas mengenai user interface dari suatu website yang bergerak di bidang perniagaan. Dalam hal ini, kami menganalisis www.fashionbandung.com secara menyeluruh terkait dengan ketujuh karakteristik yang ada. Sehingga kita dapat mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan dari website yang menjual berbagai macam pakaian distro di daerah bandung tersebut.


PEMBAHASAN

Analisa tentang customer interface (7C) tentang website www.fashionbandung.com adalah :

1. Context

Dari estetikanya website ini menampilkan warna yang simple, namun menarik. Dominan putih menjadi warna yang dipakai website ini. Desain dan laypoutnya tidak membingungkan para user untuk membuka web ini, karena sudah ada pengelompokan-pengelompokan ( pakaian pria dan pakaian wanita). Dan di website ini telah memiliki section break down ( pada how to order, contact, home, FAQ, dan agen ).

2. Content

isi dari website ini hanya gambar (image) dan tulisan (text). Tidak terlalu banyak tulisan, tetapi pengguna dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin mereka cari karena telah ad pengelompokan. Gambar-gambar yang ditampilkan hanyalah gambar barang yang ditawarkan, dan gambar barang yang ditawarkan pada web ini dapat diperbesar untuk mempermudah user untuk mengetahui jenis barang tersebut.

3. Community

Web ini memiliki segmentasi pada anak muda dan remaja, karena model barang yang ditawarkan berorientasi pada anak muda dan remaja. Web ini hanya bias melalui online (internet dan SMS). Namun unsur dari komunitas yang ada cukup baik, karena apa yang ditampilkan oleh web ini cukup menarik. Dan besar kemungkinan pada user untuk mengunjungi web ini kembali karena mereka telah merasa puas atas pelayanan yang telah diberikan.

4. Customization

Disini para user tidak bias melakukan personalisasi karena tidak dapat membuat account pada web tersebut.

5. Communication

Pada web ini menggunakan dimensi dua arah, karena user dan pemilik website dapat berkomunikasi secara langsung. Karena pada web ini tersedia layanan CS (Customer Service) dan Chat. Disini pada user (pengguna) dapat bercerita tentang keluhan tentang web tersebut.

6. Connection

Website ini menyediakan site search agar user dapat mencari web yang lain.

7. Commerce

Registration. Para user (pengguna) tidak diperlukan untuk melakukan registrasi atau pendaftaran untuk melakukan pembelian terhadap barang yang ditawarkan.

Security. Keamanan dalam web ini tidak terjamin. Namun dalam transaksi web ini telah menghimbau para pengguna atau calon pembeli untuk tidak mengirimka uangnya apabila belum dikonfirmasi oleh pihak fashionbandung tersebut. Disini juga terdapat garansi pengembalian barang apabila terdapat kecacatan dan keerud\sakan pada barang yang dikirimkan.

Credit card. Pembayaran yang dilakukan apabila terjadi pembelian adalah dengan cara pembayaran melalui rekening. Ibni memudahkan pengguna untuk membayar, karena pada web ini juga telah menyediakan rekening-rekening yang dapat digunakan untuk membayar.

Pada web ini telah tertera penjelasan tentang bagaimana pemesanan dan cara pembayaran, sehingga memudahkan pelanggan untuk bertransaksi. Disini juga telah tertera harga tentang produk yang ingin di beli, dan pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan mata uang rupiah (Rp) dan dolar ($).


KESIMPULAN

Tampilan dari web ini cukup sederhana. Namun karena kesederhanaan inilah yang menjadi ungulan dari web ini. Gambar yang ditampilkan hanya barang yang ditawarkan. Pengguna juga dimudahkan dengan adanya contact, customer service, dan chat. Disini para penggna bisa bertukar pendapat dengan pengguna lain, dan bisa menayakan sesuatu pada web tersebut apabila terjadi kesulita dalam melakukan transaksi.

Web ini sangat simple, jelas segmentasinya (anak muda dan remaja), dan barang-barang yang ditawarkan juga adalah barang yang sedang booming.

posted by PAMUNGKAS & RIANA at 12:52 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home