PAMUNGKAS & RIANA

Wednesday, April 22, 2009

UTS E-Com. by Titis Sw (0610220247)

1. 1. Perbedaan antara Pure Play dan Brick and Mortar Scenario adalah :

a. Pure Play, merupakan salah satu e-commerce scenario yang digunakan untuk memasarkan produk atau melakukan promosi atas produk yang dimiliki oleh perusahaan secara online. Dalam scenario ini perusahaan hanya melayani konsumen melalui media internet sehingga konsumen tidak dapat mendatangi toko untuk melihat barang-barang yang diinginkan sebelum membelinya. Marketing strategi yang digunakan disesuaikan dengan media online yang digunakan.

Contoh : Amazone.com, e-bay.com, dll

b. Brick and Mortar, merupakan scenario lain dari e-commerce yang tidak hanya melayani pelanggan melalui internet (online) namun juga secara keseluruhan (overall) serta menyediakan layanan offline melalui gerai-gerai toko yang dibuat agar konsumen juga dapat melihat secara langsung barang yang akan dibelinya. Dari ketiga SBU yang dijalankan terintegrasi dalam sebuah marketing strategi yang berfokus pada pengelolaan secara offline dan juga online dalam memasarkan product serta mendekati konsumen sesuai dengan media yang dapat dijangkau oleh konsumen.

Contoh : Apple, Inc, Nokia, Sony Erricson, dll

2. 2. Tingkatan-tingkatan hierarki pengalaman pada bisnis elektronik adalah :

a. Functionality : pada tahapan ini produsen atau penjual meyakinkan pembeli bahwa barang yang akan dibeli mudah digunakan dan nyaman untuk digunakan, selain itu barang tersebut tahan uji, aman untuk digunakan dan mudah diakses oleh konsumen. Hal ini bisa ditunjukkan melalui pemberian garansi terhadap barang yang telah dibeli sehingga konsumen merasa aman menggunakan barang elektronik tersebut. Intinya adalah produk tersebut dapat memberikan kepuasan kepada konsumen serta dijamin oleh adanya service yang akan diberikan oleh produsen.

b. Intimacy : pada tahap kedua produsen diminta untuk memberikan perhatian lebih kepada konsumen dan juga mendekatkan diri kepada mereka. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dan membangun kepercayaan antara konsumen kepada produsen. Di samping itu membangun komunikasi yang baik dengan konsumen merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Jika komunikasi dilakukan dengan intens dan berkelanjutan maka hubungan yang baik akan bisa terus terjaga.

c. Evangelism : tahapan terakhir dari tingkatan hierarki ini merupakan tahapan yang paling penting yang harus dijadikan perhatian produsen. Karena pada tahapan inilah loyalitas konsumen menjadi focus utama yang harus diperhatikan oleh produsen. Produsen harus jeli dan peka terhadap keinginan konsumen. Jangan sampai konsumen lari karena kecewa terhadap product yang sudah mereka gunakan. Hal ini bisa dilakukan dengan menjalankan beberapa strategi antara lain dengan membentuk dan memfasilitasi komunitas pecinta barang-barang elektronik yang sejenis sehingga mereka dapat saling bertukar informasi sehingga secara tidak langsung meningkatkan loyalitas penggunaan barang. Selain itu produsen juga bisa menyiapkan layanan keluhan konsumen sehingga kekurangan yang ada pada product bisa dikomunikasikan dan bisa menjadi masukan yang baik dalam mengembangkan produk selanjutnya.

Contoh bisnis online yang sudah berada pada hierarki intimacy adalah e-bay.com. dalam online store ini sudah masuk dalam hierarki intimacy karena sudah banyak orang yang melakukan transaksi melalui website tersebut. Hal ini menandakan bahwa semakin banyak orang percaya untuk melakukan perdagangan melalui website tersebut. Selain itu e-bay juga menyediakan layanan community bagi konsumen yang memiliki kesamaan interest dengan konsumen lain. Komunikasi yang dilakukan pun terlihat jelas pada harga-harga serta gambar dari barang-barang yang akan dijual. Meskipun begitu tetap saja masih terdapat beberapa kekurangan dari website tersebut sehingga konsumen pun tetap harus berhati-hati jika melakukan traksaksi melalui e-bay.com.

3. 3. Website yang saya amati adalah www.jcodonuts.com . Dari hasil analisis yang saya lakukan, didasarkan pada 7 C’s sebagai syarat untuk mendesign website, dapat dijabarkan sebagai berikut :

a. Context : secara general website tersebut memiliki estetika yang sangat baik. Dengan menggunakan warna orange dan coklat sebagai warna branding dari JCo. Donuts & Coffee dapat dipadukan menjadi website yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Apalagi ditambah dengan animasi dari product mereka yaitu donut dan gelas-gelas kopi. Selain itu gambar yang ada pada web tidak terlalu banyak namun tetap informative. Font yang digunakan juga merupakan font umum yang mudah untuk dibaca.

b. Content : dalam hal content, website ini lebih menekankan pada informasi gerai dan product serta kegiatan lain yang diadakan oleh JCo.Donuts dan komunitasnya, sehingga lebih berfokus pada visualisasi, image, dan text.

c. Community : karena JCo. Donuts & Coffee merupakan sebuah produk makanan ringan yang cukup digemari dan dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat maka terbentuklah community yang memfasilitasi para penggemar donuts tersebut untuk melakukan aktifitas bersama, bertukar informasi dan pengalaman, sehingga mempererat loyalitas terhadap produk tersebut.

d. Customization : untuk customization dalam web ini tidak terlalu ditonjolkan karena tidak semua pihak dapat mengubah content ataupun menyimpan data dalam website tersebut. Konsumen hanya dapat memberikan komentar mengenai produk yang ada sehingga belum terciptanya komunikasi 2 arah antara konsumen dan produsen.

e. Communication : dalam website ini komunikasi yang dilakukan masih cenderung mengarah pada komunikasi satu arah, namun memang masih ada semacam Guest Book untuk memberikan suara, saran,serta kritik yang bisa membangun perusahaan tersebut.

f. Connection : untuk koneksi tidak ada link-link yang menghubungkan dengan website lain karena JCo adalah perusahaan yang berdiri sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari terdapat link-link yang mampu memperluas jaringan yang sudah ada.

g. Commerce : dimensi perdangan atau sifat-sifat yang mendukung konsumen untuk melakukan perdegangan sangatlah besar. Hal ini tergantung pada order yang ada serta keamanan dalam website tersebut.

posted by PAMUNGKAS & RIANA at 6:15 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home