PAMUNGKAS & RIANA

Wednesday, April 22, 2009

UTS - E-Commerce (Achmad Wahyu)

Nama : Achmad Wahyu

NIM : 0610220006


Soal 1

Pureplay merupakan scenario bisnis dimana sistem tersebut menggunakan full media online sebagai media perantara antara produsen dengan konsumennya, dalam hal ini produsen hanya berinteraksi dengan konsumen melalui sebuah media ( IM, Webcam, Email, media online lain) sehingga tidak terjadi interaksi secara langsung. Perusahaan dengan skenario ini memiliki pasar maya yang sangat besar maka secara otomatis segmentasi target pasar perusahaan tersebut adalah para user online saja.


Contoh : okezone.com, kapanlagi.com, fotolia.com.shutterstock.com

Brick and mortar merupakan skenario yang digunakan oleh perusahaan, dimana sistem tersebut berfokuskan terhadap semua media, baik secara offline maupun online (overall) jadi perusahaan tersebut tidak hanya menggantungkan kegiatan bisnisnya terhadap satu bagian media saja. Perusahaan yang menggunakan skenario jenis ini harus memiliki strategi yang berbeda untuk menarget setiap pasar baik offline maupun online.


Contoh : bankmandiri.co.id, bri.co.id, bni.co.id


Soal 2


Pada dasarnya tingkatan hierarki pengalaman suatu bisnis elektronik terdapat tiga tingkatan yaitu :


Sebuah website bisnis yang dimiliki, dikatakan berada pada tingkatan functionality apabila setiap detail portal tersebut bekerja dengan baik, dalam artian tidak terdapat blank spot, kemudahan navigasi website oleh para user, tidak terlalu banyak detail yang dapat mengurangi kecepatan browsing, reliabilitas website tersebut serta kemudahan akses setiap link-link yang ditampilkan. Dimana tujuan dari bisnis tersebut adalah untuk memudahkan penyampaian informasi dari produsen kepada konsumen.


Pada tingkatan ini bagian-bagian yang ada sangat memperhatikan kenyamanan dan berusaha untuk mengerti keadaan konsumen atau usernya. bisnis ini memiliki tujuan untuk memudahkan hubungan komunikasi antara satu orang dengan orang lain. Dimana website ataupun objek yang ada memiliki keleluasaan para konsumen dalam menambah atau mengurangi bagian dari objek sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen, selain itu proses komunikasi antara konsumen dengan produsen, mapun konsumen dengan konsumen lain mudah, serta konsistensi perusahaan dalam menjaga kualitas maupun hubungan antara produsen dengan konsumennya.


Sebuah website bisnis yang dimiliki, dikatakan berada pada tingkatan ini apabila, tujuan utama dari pembuatan portal bisnisnya adalah untuk mengajak para konsumen menggunakan produk perusahaan, dimana dalam proses pemasarannya, perusahaan tersebut dengan sengaja membuat portal komunitas untuk produk yang mereka produksi. Komunitas tersebut berguna untuk menjaga loyalitas konsumen terhadap produk mereka, dengan begitu para konsumen akan merasa dihargai sebagai pembeli produk mereka. Dengan adanya komunitas tersebut komunikasi antara perusahaan dengan para konsumennya dapat berjalan dengan mudah.


Bisnis online yang dirasakan berada pada tingkatan intimacy adalah

  1. facebook, facebook memiliki database website yang digunakan untuk menyimpan data sebagian besar orang yang berada di seluruh dunia, dimana website ini diluncurkan untuk memudahkan komunikasi antara satu orang dengan orang lain, dimana feautre-feature yang dapat dengan mudah dicustomisasi oleh user sehingga informasi yang ada dapat disesuaikan oleh keinginan user itu sendiri.

  2. friendster, friendster merupakan saingan dari facebook, yang membuat perbedaan mencolok di website ini adalah kemudahan yang diberikan oleh friendster untuk mengubah tampilan web profile user nya dengan program-program HTML, sehingga tampilan satu user dengan user lain dapat dibedakan.


Soal 3


Website : http://www.swa.co.id

Analisis : SWA merupakan sebuah majalah bisnis yang memiliki reputasi bagus di Tanah Air dengan berbagai macam berita bisnis yang ditampilkan membuat majalah tersebut menduduki market leader majalah bisnis di Indonesia, dengan berkembangnya jaman, penerbit SWA merasakan bahwa terdapat pasar yang sangat besar yang dapat dimasuki, yaitu pasar online, dimana didalam pasar tersebut terdapat user-user online yang sangat banyak, demi menjaga loyalitas serta mendapatkan para konsumen baru penerbit SWA mendirikan portal majalah bisnis tersebut dengan alamat swa.co.id.


Dengan berdasarkan atas reputasi bagus didalam versi cetaknya, penerbit SWA dituntut untuk membuat website dengan konten yang padat namun dapat secara mudah diakses oleh para usernya, untuk itulah website majalah tersebut dirasakan sangat friendly-user dibandingkan dengan portal majalah sejenis lain.


Saat kita masuk ke halaman muka, user sudah disuguhkan dengan konteks-konteks yang sudah dibagi menjadi beberapa bagian yang memudahkan konsumen atau user untuk membaca berita sesuai dengan kebutuhan mereka, dengan tampilan sederhana namun padat tidak membutuhkan waktu yang lama bagi para user yang ingin memasuki website majalah tersebut, tentu itu adalah nilai tambah yang sangat berharga. Dari website itu pula penerbit majalah SWA menampilakan polling-polling yang akan ditampilkan pada edisi berikutnya, hal tersebut dapat mengurangi pengeluaran perusahaan dalam melakukan penelitian. Dalam segi komunikasi website tersebut memiliki contact person yang jelas, namun tidak memiliki operator online yang dapat membantu langsung konsumen yang sedang membutuhkan. Apabila kita melihat dari segi komunitas, pihak penerbit SWA juga menampilkan link forum di portal mereka, sehingga loyalitas para pelanggan maupun para analis bisnis dapat tertampung disitu, setiap berita yang ada, para user diijinkan untuk melihat berita tersebut dalam versi cetaknya, nilai tambah lain, didalam website tersebut terdapat link yang memungkinkan para usernya untuk melakukan konsultasi bisnis secara online, hal tersebut masih sangat jarang ditemui di website majalah bisnis lain.


Akan sangat berbeda adanya saat kita menelusuri portal majalah bisnis lain seperti marketing.co.id, dimana website tersebut lebih mengutamakan pada pemesanan secara online daripada website bisnis, dengan sedikit berita yang dapat diakses. Dari analisis yang telah diberikan dapat disimpulkan bahwa keunggulan website majalah bisnis SWA tersebut sangatlah membantu pemasaran majalah kedalam masyarakat baik user offline maupun online.

posted by PAMUNGKAS & RIANA at 8:21 PM

1 Comments:

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

March 9, 2015 at 4:08 AM  

Post a Comment

<< Home