PAMUNGKAS & RIANA

Thursday, April 23, 2009

UTS E-Comm. - Riana V. (0610220206)

SOAL 1
• Pure Play adalah usaha penjualan dengan menggunakan skenario yang hanya bermain pada pasar online saja, tidak dengan online.
Contoh : - Car Point, eBay.com, Amazon.com
Skenario ini dilakukan hanya dengan satu jalan dan cara yaitu melalui sistem online. Mulai dari pengenalan produk, promosi, dan transaksi. Online SBU ( Strategy Business Unit ) di jalankan untuk memasarkan strategi untuk bisnis online, dan hal tersebut dapat menentukan seleksi segmentasi target pemasaran.
• BAM’s (Brick – and – Mortar) adalah usaha penjualan dengan menggunakan skenario dengan dua sistem yaitu online dan offline. Strategi pada BAM’s ada 4, yaitu : - No Change
• Market Expansion
• Market Reclassification
• Reclassified – expansion
Dan target skenarionya ada 4, yaitu : - Blanket targeting
• Beached targeting
• Bleed over targeting
• New opportunity targeting
Contoh : - Gramedia
Gramedia merupakan toko buku. Pada awalnya gramedia melakukan sistem penjualan dengan sistem offline. Namun seiring perkembangan zaman, maka Gramedia mengembangkan sistem penjualannya menggunakan sistem online. Pada awalnya sistem baru ini tidak terlalu signifikan terhadap tingkat penjualan, tapi seiring dengan waktu, maka sistem online ini dapat diterima dengan baik, dan telah terlihat signifikan terhadap penjualannya. Target skenario yang dipakai Gramedia adalah Blanket Targeting ( menggunakan sistem online 50% dan offline 50% ).


SOAL 2
• Tingkatan pada Hierarki :
1. Funtionality merupakan sebuah site yang bekerja dengan baik. Didukung dengan faktor-faktor : - Penggunaan dan kesenangan dalam navigasi
- Kecepatan loading ( pada saat membuka website )
- Dapat dipercaya
- Keamanan ( jaminan keamanan terutama website yang bertransaksi )
- Akses media ( yang bergantung pada teknologi )
2. Intimacy merupakan sebuah site yang mengerti saya ( user site ). Didukung dengan faktor-faktor : - Customization
- Communication
- Consistency
- Trustworthiness
- Exceptional value
- Shift from consumption to leisure activity
3. Evanglism. Didukung dengan faktor-faktor : - Taking the word to the market
- Community membership
- Company cares about my opinion
• Bisnis online yang telah mencapai intimacy : www.fashionbandung.com
Bisnis online tentang fashion ini dikatakan mencapai intimacy karena telah mempunyai semua faktor-faktor yang medukung intimacy. Diantaranya user mendapatkan keistimewaan karena dapat memilih dan dimanjakan oleh fitur web (customization), komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi dua arah (communication).


SOAL 3
• Website : www.Scribd.com
Analisis desain interface : 7C (Context, Cotent, Community, Customizatio, Communication, Connection, dan Commerce).
- Context
Fungsi dari website ini adalah untuk memudahkan para pencari artikel, jurnal, skripsi, hasil penelitian untuk menemukannya. Website ini menyediakan berbagai artikel yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhannya.
Web ini juga memudahkan para user untuk melakukan percarian karena telah ada section breakdown, linking structure, dan navigation tools yang digunakan.
Dari segi estetika, layout yang digunakan adalah sederhana namun jelas. Warna yang tidak mencolok, yang memudahkan para user utnuk meilhat web tersebut.
- Content
Dikarenakan web ini hanya berisikan artikel-artikel, maka dari empat posibilitis ( audio, video, image, dan text ) yang digunakan oleh web ini adalah text. Image juga digunakan, namun tidaklah dominan, image digunakan hanya untuk menggambarkan sebuah box ( gambar download, gambar share this, dan lain-lain ).
- Community
Komunitas yang ada pada web ini vukup tinggi. Karena untuk melakukan download, maka user itu haruslah terdaftar sebagai anggota web tersebut, user harus melakukan sign up agar terdaftar sebagai anggota. Oleh karena itu, komunitas yang ada pada web ini memiliki kesamaan kepentingan atau minat ( melihat artikel, jurnal, skripsi ) sesuai dengan kebutuhan para user.
Komunitas yang ada memiliki loyalitas yang tinggi, dan komunitas tersebut akan melakukan pengunjungan kembali pada web.
- Customization
Disini user dapat mendapatkan satu keistimewaan karena user dapat mencari data atau artikel sesuai dengan apa yang ingin dicari dan dibutuhkan.
- Communication
Komunikasi yang dijalankan oleh web ini adalah komunikasi satu arah. Karena adanya email news letter dan content update notification dari pihak web untuk user.
- Connection
Pada web ini juga menyediakan search box, yang dapat menghubungkan user website ini dengan website yang lain ( link ).
- Commerce
Fitur-fitur yang mendukung konsumen untuk memudahkan pencarian. Registration yang dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri user untuk mejadi anggota web ini. Security yang ada sudah cukup baik, karena tidak mungin user yang bukan anggota melakukan download. Karena dengan melakukan sign up, maka data-data dari user telah diketahui.
posted by PAMUNGKAS & RIANA at 4:17 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home